Visi Misi

 Visi

Rencana pembangunan jangka menengah Desa Merdikorejo tahun 2015 – 2020 menetapkan visi Kepala Desa yang merupakan cita-cita yang ingin dicapai yaitu: “Terwujudnya masyarakat Desa Merdikorejo yang lebih baik sejahtera lahir dan batin, bedaya saing, agamis, dan berbudaya”.

Penjelasan Visi:

Masyarakat Merdikorejo yang lebih sejahtera lahir dan batin adalah masyarakat yang lebih sehat cerdas dan berkemampuan ekonomi yang memadahi sehingga dapat mengembangkan social dan spiritual dengan baik tertib dan aman.

Masyarakat Merdikorejo yang lebih berdaya saing adalah masyarakat yanag mampu memanfaatkan keunggulan komparatif secara efektif dan mampu menciptakan keungglan kompetitif sehingga dapat bersaing secara sehat dengan lingkungan local, regional dan internasional.

Masyarakat Merdikorejo yang agamis dan berbudaya adalah masyarakat yanag mamapu memahami agama masing-masing dan melaksanakan dengan baik dan benar sehingga mampu menjadikan agama sebagai pedoman hidup di masyarakan dan saling duduk berdampingan serta saling menghormati.

Visi ini dijabarkan lebih lanjut dalam misi yang menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat Merdikorejo yang teridiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, Badan Permusyawarahan Desa, dan seluruh elemen yang terkait.

 Misi

1.  Meningkatkan tata pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Merdikorejo.

2.  Meningkatakan kemandirian ekonomi, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penanggulangan kemiskinan.

3.  Meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat.

4.  Meningkatkan ketertiban dan keamanan bagi masyarakat.

5.  Memantapkan pengelolaan prasarana dan sarana sumber daya alam dan lingkungan hidup.

6.  Meningkatkan pemahaman agama dan menciptakan kerukunan bagi masing-masing faham dan keyakinan sehingga dapat duduk berdampingan saling menghormati.

Penjelasan masing-masing misi:

  1. Misi meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam memberikan pelyanan prima bagi masyarkat. Pemerintah terus berupaya menjaga cita-cita mulia yang memerlukan dukungan dari seluruh komponen masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang menggedepakan partisipatif, transparansi, responsibilitas, efektif, efisien, dan akuntabel. Adapun langkah pertama yang diambil dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik adalah membangun pemerintahan yang kokoh, yang memiliki kapasitas dan kredibilitas. Pemerintah desa sebagai salah satu factor dalam pembangunan harus mampu mewujudkan dan dapat dipercaya sehingga pada giliranya dapat menjalankan kewajiban dalam melayani masyarakat secara prima.
  2. Misi meningkatkan kemandirian ekonomi, pemberdayaan ekonomi rakyat dan penanggulangan kemiskinan di Desa Merdikorejo. Misi ini merupakan upaya pencapaian tujuan pembangunan dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat terutama kesejahteraan di bidang ekonomi yang dicapai melalui pertumbuhan ekonomi stabil dan berkelanjutan. Fokus utama pada peningkatan ekonomi masyarakat yang dicapai melalui pemberdayaan dan penaggulangan kemiskinan.
  • Misi meningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat, misi ini merupakan upaya pemerintah desa dalam membangun seumber daya manusia yang sehat dan cerdas yang pada gilirannya akan menjadi manusia yang produktif, kompetitif, dan dilandai akhlak mulia sebagai kunci dari keberhasilan pelaksanaan misi lain.
  • Misi meningkatkan ketertiban dan keamanan bagi masyarakat, misi ini merupakan upaya pemerintah desa dalam menjaga stabilitas keamanan untuk mencapai iklim yang sejuk, kondusif dan kesertaan masyarakat dalam memasuki norma-norma yang ada dan aturan yang berlaku.
  • Misi meningkatankan pengelolaan prasarana dan sarana sumber ayam serta lingkungan hidup. Misi ini merupakan upaya pemerintah desa dalam memanfatkan prasarana dan sarana yang ada termasuk sumber daya alam selalu memperhatikan dan mempertimbangkan dengan aspek lingkungan hidup.
  • Misi meningkatkan pemahaman keagamaan dan menciptakan kerukunan bagi masing-masing faham dan keyakinan sehingga dapat duduk berdampingan satu sama lain. Misi ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan iman dan taqwa masyarakat serta memelihara kerukunan umat beragama.
Lewat ke baris perkakas